Rabu, 09 Desember 2009

RESUMME PADHANG MBULAN MENTURO JOMBANG. SENIN MALAM SELASA 8 JUNI 2009

RESUMME PADHANG MBULAN MENTURO JOMBANG.
SENIN MALAM SELASA
8 JUNI 2009

CAK NUN :
Akan ada 2 hari gelap, 2 hari siang terus, 2 hari pagi terus, hari ketujuhnya akan diketahui siapa diantara manusia yang tahan. Kaya den gabah den interi. Karena nderes Qur’an –lah yang akan menjadi penolong.

PELAJARILAH DARI HAL SEPELE. Mulai dari telegraph, telephone, pager, HP, chatting. Pelajari pula tentang taek. Filsafat Taek. Kita diajarkan untuk tidak mencela apapun. Termasuk taek darinya kita belajar tentang kesehatan seseorang. Untuk mengecek seseorang itu sakit apa, bisa dicek dengan melihat warna, bentuk, lembek, kerasnya dll.

Cak Fuad
QS Al Furqon “yaa Tuhanku sesungguhnya kaumku sudah tidak memperhatikan lagi AlQuran”. Cak fuad saat mengaji tentang ayat diatas mengambil contoh. Saat dihadapkan para dosen, guru besar ia mengatakan bahwa apa yang akan dijawab jika Tuhan bertanya kepada kita berapa banyak buku yang telah dibaca? Maka sekian banyak dosen mungkin menjawab banyak membaca buku. Namun ketika ditanya apakah kamu juga membaca buku karanganku? Buku yang mana ? Al Quran kata Allah. Dengan cerita ini ada guru besar yang akhirnya mau belajar membaca al quran. Meskipun dengan kitab Iqro’.

QS. An Nisa 58 Perintah agar kita memegang amanat. Hendaklah kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak. Kedua mengenai adil . kalau kamu menetapkan diantara manusia, hendaklah kamu melakukannya dengan adil.
“wahai orang beriman. Taatilah Alloh dan taatilah rosul dan ulil amri diantara kalian. Dan jika berbeda pendapat kembalikan kepada Al Quran.

KEISTIMEWAAN QURAN DARI SISI PILIHAN KATA
Taatilah Alloh, dan taatilah Rosul dalam hal-hal yang berkaitan dengan perintah alloh. Karena Rosul menjadi penjelas dari isi Al Quran.
An Nisa 58 kata atiu (taat) diulang. Maksudnya adalah kita taat kepada Alloh dan rosul, meskipun taat Rosul tadi belum pernah diperintahkan Al Quran. Rosul selain menjadi penjelas quran juga sebagai menetapkan ketentuan.

Ulil Amri tidak ada kata ‘atiu. Ini menunjukkan bahwa , ketaatan kepada ulil amri ini berarti dengan ketaan kepada Alloh dan rosul. Artinya tidak mutlak taat kepada ulil amri. Intinya ada makna yang dikandung dalam al quran.
ULIL AMRI :
Mufasirin Al maraoghi : perang ada 2 makna syariah (berarti rosul tidak ikut perang) dengan .........(Rosul ikut berperang). Pengertian ke4 Ulil Amri di zaman Umar bin Khotob yaitu sekelompok orang yang dikenal integritas, punya ilmu, kejeuejran, mempunyai pandangan yang bagus, bijak, oleh Umar diangkat oleh umar Ahlull halali wal aqdi. Umar meminta pendapat kepada sekelompok orang tadi. Jika sudah diputuskan oleh ahlul halali wal aqdi tadi pendapatnya diikuti dan ditaati. Selama pendapatnya independen. Tidak ada paksaaan. Maka rakyat harus mebgikuti


Menurut rasyid Ridho, Ulil amri dimaksud sebagai lembaga legislatif. (demokrasi). Sedangkan kholifah / pemerintah sebagai eksekutif. Sehingga tafsir ini bersifat terbuka. Dan mungkin akan ada perkembagan pengertian.
Quraish Shihab. Jika di negeri Indonesia, polisi termasuk ulil amri. Dalam lalu lintas contohnya.

Inti pesan dari taat ulil amri adalah menjaga keutuhan. Dengan syarat adil, jujur, maka semua anggota organisasi harus taat kepada keputusan.
Jika beda pendapat, maka harus kembali kepada Al quran dan Sunah. Kalau kalian berbeda pendapat dengan ulil amri, maka perintahnya juga harus kembali kepada Allah dan Rosul. Kalau kamu benar-benar beriman kepada hari akhir dan hari kiamat. Soal pelaksanaannya sulit. Yang penting ada kemauan dan kesadaran untuk kembali kepada aturan . ulil amri harus membentuk tim kecil yang memang benar-benar ahli dalam suatu bidang.

APAKAH KAMU TIDAK MEMPERHATIIKAN UNTUK MENJAUHI TAGHUT.

Asbabub nuzul. Saat ada masalah antara orang Muslim dan yahudi, justru orang mukmin yang tidak mau diajak menanyakan kepad Rasulullah. Namun malah ingin minta pendapat taghut. Maka orang ini adalah munafik. Saat diajak bertahkim kepada al quran dan assunah, maka orang tiu adalah munafik. Mereka lebih suka bertahkim terhadap taghut.
Taghut secara garis besar, al maroghi = orang yang tidak mau bertalkin, mencari konfirmasi kebenaran sesuatu kepada Allah dan Rasulullah. Kita bisa menjadi taghut jika kita kita tidak pernah memperhatikan Alloh dan Rasulullah.

PAK DHALANG
Kisah kebesaran hati Khalid bin Walid. Ketika ia dicopot jabatannya sebagai komandan perang. Umar mencopot tidak demi kebencian. Khalid pun ikhlas menerimanya.
Ada cerita. Karena diantara tokoh cerita itu hanya Qorun dan Musa. Seorang gadis yang cantik jelita. Gadis itu bernama Manohara. Qorun terang-terangan tidak taat kepada Musa. Dia dilulu Alloh. Ia sombong. Qorun ingin menjatuhkan martabat musa dihadapkan rakyat. Maka dipanggil 2 orang bernama manohara dan Murtadho. Keduanya diminta zina. Si perempuan akhirnya hamil. Qorun meminta di lapangan bilang kepada masyarakat bahwa yang menghamili adalah Musa. Dengan imbalan harta yang banyak. Akhirnya si wanita mau. Ia bilang kepada semua rakyat, bahwa yang menghamili adalah Musa.

Akhirnya disidang. Musa sebagai terdakwa. Namun malamnya wanita itu bingung dan akhirnya mendapat hidayah. Ia ertanya apakah harta qorun mampu menyelamatkan dari neraka Allah. Kemarin saya mengatakan bahwa saya hamil itu benar. Yang menghamili Musa itu bohong. Akhirnya wanita tersebut,
Intinya jangan minggrang minggring dalam mengatakan suatu kebenaran. Qulil haqqo walau kaana muron.




CAK NUN
Manuk apa sing susune gedhe. Hayoo manuk hara !.
Mas Rokhim : kata sabrang kita sedang tapabrata. Melambatkan waktu . mempercepat ruhani. apakah dalam hal ini masalah ibadah mahdoh. Kedua kegagalan persatuan kesatuan berfikir manusia Indonesia kepada pimpinannya. Dibanding dengan KAISAR jepang.
Mas Husein Banyuwangi
Dulu nabi Muhammad mendapat wahyu itu dari malaikat Jibril, darimana Rosul itu tahu bahwa itu Jibril. Apakah kita bisa menuntut kepada Muhammad jika ajarannya salah. Apakah hukumnya saya itu secara fikih bagaimana?

Sunardi : Islam itu kalau yang saya yakini Islam itu seperti kerajaan planet, alam bumi alam semesta. Hari ini ada partaiIslam, mereka yang diluar partai islam . RSI islam atau RS non Islam. Islam ini sebenarnya satu agama terakhir. Sehingga kalau ada kelompok yang mengatasnamakan diri kelompok islam. Lantas kita ini termasuk kelompok apa?. Tentang minuman keras. Diminumoleh terbiasa mabuk. Mengapa orang yang m4mbuat minuman itu tidak dihukum amti. Ketiga CN termasuk fenomenal. Apa yang dikritikkan itu berani. Tapi kami takut jika kami yang menanyakannya. Bagaimana kita bisa membantu ddiri untuk memperbaiki bangsa Indonesia.

Cak Nun
Pertama, justru kita ingin pembelajaran kepada cak Fuad. Jika kita atiulloh dan aturosul. Tapi atiu bukan kepada ilil amri. Maka islam itu substansi. Institusional itu seberapa jauh. 3 penghancur Institusi Agama, Instutusi pemerintah.
Tapi jika sudah masuk ke wilayah institusi ini menjadi beragam. Islam itu sendiri posisi katanya kan bukan aslimu aslaman. Islam agama sesuatu yang bekerja. Ada pergeseran cukup serius. Untuk membantu mengapa kita mengeluarkan dengan iklan misalnya. Pertanyaannya. Kenapa banyak faksi, tidak bisa kompak. Karena urusannya bukan kepada intin. Tetapi urtusannya adalah kepentingan mereka. Atau menurut kelompoknya masing-masing.

Isuu neoliberalisme. Dimana letaknya masyarakat, komunitas. Dari ummat, masyarakat, bangsa dan rakyat. Rusan kita bukan urusan substansi.
Lembaga itu arti menurut quran apa. Contoh organisasi, ada kepala, tangan, kaki. Ketika diorganisir maka menjadi badan / organ.

Organisasi di Indonesia itu bertengkar dengan perkara bukan substansi. Itu karena kita tidak bisa membedakan mana yang inti dan yang bukan.
Sekarang ini hampir semua partai, semua presiden. Dalam mencari dalam Cara dan tujuan terbolak balik. Sekarang ini akhirnya sholat itu menjadi toghut, haji toghut.
Ummat itu bukan lembaga. Maiyah CN biarkan cair. Agar tetap mengarah kepada substansi. Maiyah itu bukan untuk menyaingi NU, Muhammadiyah. Ikutlah maiyah untuk memperbaiki lembaganya masing-masing. CN menikmati. Sak tepak-tepakke wong sing mangan, isih tepak wong sing wani gak mangan. Sak tepak-tepakke bojo isih wong sing wani ora rabi.

Didalam hukum ada logika, ada pola berfikir sendiri. Bahwa tetap saja, penyebab kemudharatan itu akan menannguung kemudharatan itu sendiri. Lepas
Manusia itu dinamis. Tinggal anda mengislamnkannya / meyahudikannya, meniranikannya. Contoh acara TV yang acarnya jelek, tetapi mereka berkilah bahwa mereka senang degan acaranya itu. Wong wedhok wudho hukume halal (soale gila). Wong lanang wudho hukume harom.

Bedakan antara wasilah dan goyah. Face book harom ? maka seperti abu nawas yang bawa pisau. Takut digunakan membunuh . maka ia siap bawa pak hakim. Karena ia bawa kemaluan. Khawatir kalau memperkosa.

SEMUA POLITISI DUNIA, DEMO-DEMO TTG URUSAN ISRAEL. Mereka minta Israel swgera hengkang dari pendudukannya.

Rasulullah mengalami depresi manakala Jibril datang kepada beliau. Sampai beliau sakit panas. Hingga siti khotidjah meyerap panas dan mendekap di dadanya. Untuk eliminasi tubuh dan mengembalikan atmosphir tubuhnya, oleh beliau diajak jalan-jalan mengurai perwsoalannya. Mengobrol bersama. Untuk penormalan kembali kondisi jiwanya. Benar tidaknya itu Jibril dan wahyu. Syarat dan rukunnya. Sampai pada kesimpulan tentu sudah melalui standart tertentu.

OTORITAS KEILMUAN = KOMPETENSI = AHLUL HALLI WAL AQDI. Indonesia tidak punya lagi hal seperti ini.

Jika kamu ingin megobati orang gila, maka masuklah kamu dalam atmosphir gilanya. Dan bawalah gilanya untuk kamu bawa kepada ‘waras’nya.
Salah satu metode Iqra (membaca) adalah bertanya. Sehingga fikihnya tidak apa-apa.

Cak fuad
kalau urusan itu diserahkan kepada bukan ahlinya, maka tunggu saja kehancurannya. Tentang malaikat Jibril.nabi itu sampai dalam kedaan sakit. Indikator yang menuntun kepada Jibril. Juga pendapat pamanya khotidjah Pendeta yang mengatakan bahwa Muhammad adalah nabi.

Ada cerita bahwa yang mengaku nabi itu dipanggil oleh khalifah untuk diajak guyon. CERITA-CERITA LUCU TENTANG ORANG YANG MENGAKU NABI.
Organisasi / lembaga menurut sejarah. Yang dicatat adalah baitul maal. Setelah munculnya zakat. Baitul maal itu dibentuk untuk mengelola harta zakat, infaq shodagoh. Sehingga perlu ada pengelolaan. LEMBAGA ITU MUNCUL KARENA KEBUTUHAN. Organisasi itu bukan goyah namun wasilah (alat tujuan). Sehingga karena menjadi tujuan, maka akhirnya terjadilah destruksi.
Adanya kelompok Muhajirin dan Anshor. Namun keduanya bukan sebuah rogansasi, hanya untuk sekedar membedakan orang itu ikut hijrah tidaknya. Intinya tidak usah risau dengan amsalah label.

CAK NUN
Ada orang jilbaban. Tatkala tanya kepada penjual soto apakah mengandung babi, maka ia menjawab bukan. Tapi mbak Fia justru tanya pingin babi.

Organisasi. SUBSTANSI / INTI AREMA itu terletak pada organisasi kelembagaan atau sistem permainannya. Organisasi dengan terorganisir itu berbeda. Jika diperlukan suatu organisasi OK. Tapi yang paling utama adalah pengorganisasian suatu urusan

Muhammadiyah akan milad 100 tahun. Bulan juli CN di jogya dimintai tolong meski di jombang dikutuk-kutuk dan didholimi.

Tuku gulo bukan karena legi, tuku
masyarakat – ummat (satu ibu)- bersyarikat (masyarakat) – jadilah rakyat (kepemimpinan)
rakyat adalah ummat yang telah berdaulat. Kita belum masyarakat, juga belum ummat. Ummats aja belum apalagi menjadi rakyat.

SING PENTING SEKARANG ITU BATHI / UNTUNG.
PEMILU DI INDONESIA ITU INDEPENDEN ATAU TIDAK ? APAKAH ADA CAMPUR TANGAN ASING !!!

Sby itu mengatakan saya bukan neoliberalisme. Neo itu berlansgsungnya sebuah sistem. Bukan sekedar neo bahkan ulra liberal. Liberalisme itu satu pandangan ekonomi yang bermula dari filsafat individualisme dan pragmatisme yang keras. Didalam liberalisme itu tidak ada moral. Siapa yang pintar dagang maka dia yang menang. Dan ekonomi ini berjalan dengan baik selama reformasi. Dan 5 tahun ini akan disempurnakan.
Sebenarnya secara pribadi neoliberalisme sejati CN senang, karena tidak
Didalam ekonomi liberalisme itu tidak mengenal untung untuk bersama. Laba untuk rakyat. SING BATHI UNTUK RAKYAT.
Yang punya uang itu yangberkuasa. 1930 di Indonesia dimulainya cultur stelsel (neoliberalisme). Akhirnya diterapkan politik etis. Sekarag ini berlaku CSR / bagi LSM. Padahal intinya hanya dem-deman saja,

YANG DIBUTUHKAN BANGSA INDONESIA SEKARANG INI ADALAH PEMIMPIN YANG MENJADIKAN LABA UNTUK RAKYAT.

Keliru ! Kas negara adalah dianggap kas pemerintah. APBD dianggap kass negara.
5 tahun kedepan siapapun presidennya mereka semua tidak akan berdaya. Untuk memberdayakan dirinya saja meraka tidak sanggup.

3 tahun lagi seluruh alam semsta itu ibarat bola, bumi berada dibawah persis matahari lain. Siklus 5000 tahuns ekali. Sehingga ini akan menjadi perubahan tata kosmis. Inilah zaman Gabah diinteri. Semoga kita termasuk orang yang

Nikmatnya ilmu adalah ketika kita mampu menemukan jawabannya sendiri (itulah makrifat)

ANDA YANG MENENTUKAN ALIRAN / METODE YANG COCOK DENGAN DIRIMU SENDIRI

Rouf malang :
Qulill haqqo walau kaana muron. Katanya satu negara berbuat kemungkaran, akhirnya negara ini kena bencana. Jika dihubungkan dengan perubahan merubah dengan lisan, tangan, mendoakan (adaful iman) . bagaimana kita menempatkan diri kita?

CN- untuk urusan komunikasi sosial. Tetap dengan menggunakan tata caranya. Harus punya simulasi yang produktif atau tidak produktif. Urutan-urutan wajadilhum billati hiya ahsan. CF : itu yang ahsan adalah toriqohnya. Caranya. Karena akan bermanfaat bagi pelaku maupun obyeknya. Hikmah juga merupakan cara yang bijaksana. Kita ini pada maqom apa melakukan dakwah. Harus disesuaikan dengan maqom kita. Dalam hal melakukan amar makruf nahi mungkar, kita diperintahkan dengan sesuai kapasitas kita. Termasuk cara mencegah tidak harus berbicara. Bis jadi diam dalam kondisi tertentu lebih berhasil.

Kekuatan tidak harus selalu pemerintah. Kalau kita orang yang memiliki pengaruh tentu kita wajib melakukan merubahnya. KARENA SAYA BERIMAN MAKA SAYA BERTANYA. FASALU ALA DZIKRI

Nurhadi Nganjuk
Cerita perjalanan ikut pengajian. Kyainya membagi jamaahnya.ada yang diperintah untuk tidak sholat. Ada yang sholat. Katanya untuk mengikuti jalannya rosul. Karena dulu ada masa rosul tidak sholat. Kyainya sendiri tidak sholat. Katanya ada perintah yang tidak disampaikan kepada sahabat kecuali 4 sahabat. Bahwa ada ritual tertentu hanya untuk 4 sahabat. Dia tidak sholat karena itu berita langsung dari Allah. Orang yang sholat tapi tanpa mursyid ruhnya akan menjadi makhluk liar.
CN :
CF : islam itu datang kepada kita bersifat mutawatir. Contoh juga hadist. Nah kenapa hanya 4 saja, kita gunakan saja logika. Sehingga kita beragama itu percaya saja. Jangan emmeprcayai sesuatu itu sementara kita yakin terhadap kebenaran. Sesuatu yang tidak jelas jangan diikuti. Mahdhoh adalah ibadah murni. Yang jelas petunjuk-petunjuknya dari nabi. Tatacaranya sudah baku. Tidak bisa diubah-ubah.


Amin Tuban. Milih siapa ?

Penyebutan sayyidina itu sekedar budaya saja. Karena simbol konsep yang sering disalah pahami.

HIKMAH ITU ADALAH PUNCAKNYA ILMU DAN KEADILAN.

HIKMAH YAITU KETEPATAN DALAM MELIHAT SUATU MASALAH = PRESISI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar