Resume padhang mbulan 10 april 2009
Mantenan cak hartono
Cak fuad
“Musyawaroh – Syuro “
Tema asy syuro, karena kita berada dalam masa demokrasi. Sedang menyelenggarakan pemilu.
Pemilu saat ini menghabiskan biaya banyak. 100 trilyun kata taufiq Ismail. Biaya diperkirakan dari caleg dan partai. Biaya yang luar biasa banyak, ditengah situasi bangsa Indonesia yang sedang terpuruk.
Pertanyaan besar, apakah Islam membahas mengenai permusawaratan. Karena keluarga saja membutuhkan musyawaroh, apalagi negara. Sistem ketatanegaraan Islam tidak disebutkan secara eksplisit. Apakah kerajaan, republik. Intinya dalam Islam yang diajarkan adalah prinsip Syuro.
3 ayat yang mengandung syuro.
1. Al Baqoroh 233. ayat yang membicarakan ttg suami istri yg bercerai padahal mereka memiliki bayi yg harus disusui. Kewajiban dari istri adalah menyusui bayinya 2 tahun penuh, kalau ingin menyempurnakannya. Sementaara kewajiban suami adalah kewajiban memberi nafkah kepada istri dan anaknya. Cukup pakaian, pangan mereka. Dengan ma’ruf-baik. Tidak diberi kewjiban kecuali sesuai kemampuan mereka. Ada prinsip janghan sampai ada penderitaan diantara mereka. Jika si ibu menyapih sebelum 2 tahun, tapi dengan syarat sama-sama ridho dan sama-sama musyawaroh diantara mereka berdua.
Jika kedua bapak ibu itu mencari susuan kepada orang lain, juga diperbolehkan.
Kata kunci : Tasawur
Untuk menyapih saja dibutuhkan permusyawaratan apalagi untuk masalah yang lebih besar. Dalam bermusyawarah kedudukan mereka berdua sama. Meskipun ada ayat yang mengatakan bahwa arrijalu qowwauna alanisa’. Penterjemahannya banyak yang berbeda. Qoowamuna banyak tafsir. Bisa berarti
Dalam musyawaroh, nabi itu amat sangat menyukai musyawaroh. Misal, Aisyiyah menuturkan Nabi itu tidak pernah menolak makanan hyang ia haturkan. Yang lainnya, nabi itu sangat menghargai saya. Setiap beliau mau sholat malam selalu ijin kepada dirinya (aisyah) . mengapa ? karena waktu malam itu adalah waktunya untuk istri, sehingga harus ijin kepada aisyah. Dalam masalah seperti itu saja ijin, apalagi dalam masalah lain.
2. asy syuro 38 :
Danm orang-orang yang selalu mematuhi tuhan mereka. Dan menegakkan sholat, dan mereka musyawaroh dalam urusan mereka.
Ayat makiyah.
Ada 4 hal yang menggambarkan kekokohan/soliditas kelompok umat islam yang masih sedikit.
a. istajabu ( mematuhi perintah)
b. aqomus sholah (menegakkan sholat)
c. musyawaroh diantara mereka
d. menafkahkan sebagian rezeki diantara mereka.
Mereka selalu membangun kekuatan hablum minalloh dengan mendirikan sholat. Dan hablum minannas dengan menafkahkan rejeki dan musyawaroh.
Para mufasirin mengatakan bahwa ayat musyaraoh selalu diantara ayat zajkat dan sholat. Sholat Musyawaroh dan zakat. Mengapa setelah sholat koq musyawaroh. Koq bukan setelah sholat terus .... karena didalam sholat itu ada unsur yang ditegakkan yaitu persamaan. Dalam sholat tidak boleh ada ddsikriminasi. Baik antara bos dan rakyat kecil. Alloh juga melihat yang dinilai adalah hatinya, bukan baju atau kedudukannya.
Karena ayat ini adalah ayat makiyah, baru berupa komunitas. Belum ’negara’.
Di negara Indonesia kita, sering kita dengar adanya perkelahian antar desa. Pertanyaannya. Apakah di desa itu tidak ada yang menyeru utnuk musyawaroh. Apalagi saat ndangdutan. Semua serba merasa benar sendiri, tidak merasa ada yang kalah.
HALAL HAROM MUSIK
Saat kyai kanjeng tampil dijakarta, yag hadir saat semin ar, ada beberapa ulama yang keluar ruangan. Beragam tanggapan saat Cak Fuad menanyakan kepada beberapa orang :
Harom karena ada penyanyi perempyuannya di depan
Karena syairnya
Al ghozali dan ibnu taymiyah, yang diharomkan adalah bila ada unsur peribadatannya. Harus dibedakan antara musik yang mendekatkan kepada Alloh atau semakin menjauhkan kita dengan Alloh.
QS Ali Imron 159
Maka disebqabkan rahmat dari allohlah kamu berlaku lemah lembut terhadap m ereka..............dan bermusyawarohlah dengan mereka dalam urusan itu...
Ayat ini turun pasca perng Uhud. Kondisi ummat islam berkabung karena kekalahan dari orang kafir .70 orang meninggal. Disini ummat Islam tidak berlaku disiplin.
3 hal penekanan
a. Alloh memuji kepemimpinana Nabi yang menjauhi kekerasan dan suka perdamaian
Alloh mendukung sifat pemaaf Nabi kepada ummatnya.
b. Alloh memerintahkan untuk bermusyawaroh atas urusan mereka
c.
sayyid Qutb mengatakan bahwa prinsip musyawaroh harus ditegakkan. Kecuali masalah yang bersifat Muhkam, tidak bisa.
Hikmah ayat :
1. jika sudah hasil msuyawarah maka tetap tekad tanpa keraguan dan laksanakan
2. tawakkal
apakah musyawaroh itu identik dengan demokrasi.
1. tegas menolak
2. sementara
3.
mas eko malang :
1. musyawaroh mulai kita tinggalkan. Dasar quran dan hadist. Kewajiban ortu thd anak : menikahkan atau menjodohkan. Menikahkan lebih luas, kalau menjodohkan berarti ada dimensi kecil musyawaroh, dari unsur yang harus bermusyawaroh
2. ada peristiwa nabi, bersayembara untuk mencarikan calon bagi putrinya, Fatimah. Saat itu ia ditanya oleh Nabi ditawari utnuk dinikahkan dg Ali. Beliau manut dengan nabi. Anak ada hak untuk masalah nikah.
Jawab CF :
Ilmu fikih ttg hak dan kewajiban ortu. Dari 4 madzhab ada [erbedaan. Ada yg berpendapat mutlak mencarikan jodoh, tapi ada yg mengatakan tidak. Ttg Fatimah adalah hal wajar , sesuai dg kepribadian Rosulullah. Prinsipnya adalah ortu harus menghargai anak. Apalagi berikap absolut. Meskipun berbeda-beda pendapat. Nabi memberik keleuasaan kepada anaknya. Anak pun juga tidak harrus mengikuti pendapatnya sendiri jika ada alasan obyektif dari ortu.
Muhdi tuban
1. musyawaroh dulu baru tawakkal. Kenapa kog musyawaroh. Bagaimana membedakan pikiran kita ini dari Alloh atau bukan.
2. jawab : CF : azzam itu berawal dari musyawaroh. Jika sudah inta pendapat dan mengarah kepada satu tertentu, maka kuatkan tekad. dalam rangka agar tidak ragu maka bermusyawaroh. Dg musyawaroh meneguhkan suatu tekad / azam. Setelah itu tawakal kepada Allah.
3. isyarat2 Allah itu banyak caranya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar